Minggu, 01 Februari 2015

Ayat Pertama Yang Diturunkan Allah SWT Ayat Perintah Untuk Membaca


Pemukulan Rebana   oleh Wakil Walikota , H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd menandai dilangsungkannya pembukaan  MTQ  Ke 5 Pelajar Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2014. Upacara pembukaan  diawali dengan devile kafilah utusan dari 7 Kecamatan dengan  start  Lapangan Merdeka  dan finish di Halaman Gedung Pusat Kajian Islam.

Pada kesempatan itu pula  Wakil Walikota dengan  didampingi Wakil Ketua TP PKK , Ny. Hj. Fitri Hayati Fahmi, S.Ag., M.MPd.menyerahkan uang kadeudeuh  kepada sejumlah kepala sekolah, guru dan pelajar yang berprestasi  ditingkat nasional dan provinsi  Jawa Barat.

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. menandaskan, MTQ (Musabaqoh Tilawatil Quran) Pelajar yang dilaksanakan secara berkala selama ini, telah memberikan arti yang sangat besar bagi syiar agama Islam. Penandasan Wakil Walikota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan, sekaligus membuka secara resmi MTQ Ke 5 Pelajar Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2014, hari Rabu, 17 Desember 2014, di Gedung Pusat Kajian Islam Kota Sukabumi.

Dijelaskannya, dari tahun ke tahun, penyelenggaraan MTQ  semakin berkembang dan semakin semarak. Hal ini patut disyukuri oleh semua pihak, khususnya oleh seluruh umat Islam. Namun demikian, hal ini tidak boleh berhenti pada kesemarakan syiar agama Islam semata, akan tetapi semua pihak khususnya umat Islam, harus senantiasa berusaha, untuk menjadikan MTQ ini sebagai wahana dan sarana, dalam meningkatkan kesadaran keagamaan pada diri seluruh umat Islam, khususnya para pelajar.

“Kitab Suci AL-Quran yang menjadi pegangan hidup seluruh umat Islam, diturunkan kepada Nabi Muhammad, yang maksud dan tujuannya untuk mengangkat umat manusia, dari lembah kegelapan ke alam yang terang benderang. Hal ini berarti, bahwa melalui pemahaman, penghayatan dan pengamalan AL-Quran, harus mampu meningkatkan kualitas kehidupan seluruh umat Islam, baik secara lahiriah maupun secara batiniah. Untuk meningkatkan kualitas kehidupan tersebut, semua pihak mutlak harus dapat mencerdaskan kehidupan seluruh umat Isalam”.

Dikemukakannya, umat Islam tentu mengetahui, bahwa ayat pertama yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad, adalah ayat perintah untuk membaca. Karena dengan membaca, semua pihak dapat menambah khasanah pengetahuan dan memperluas cakrawala wawasan dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang keagamaan.

“Semua pihak khususnya umat Islam tentu mengetahui, bahwa Nabi Muhammad secara tegas mewajibkan kepada seluruh umatnya, untuk senantiasa belajar dalam sepanjang hidupnya. Maksud dan tujuannya, agar seluruh umat Islam menyadari, bahwa berbagai kemajuan umat Islam, sangat bergantung pada kualitas pengetahuan, serta wawasan dan pengembangan pemikiran umat Islam sendiri, melalui peningkatan kualitas pendidikan”ujarnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar